Mengapa Harga Bitcoin Diprediksi Naik di Tahun 2023?

waktu baca 5 menit
Selasa, 18 Apr 2023 08:56 0 318 administrator

Mengapa Harga Bitcoin Diprediksi Naik di Tahun 2023?Assalamualaikum Sobat Alba Media Center, apakah kamu termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang tertarik dengan dunia kripto dan Bitcoin? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan prediksi harga Bitcoin yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Mengapa Harga Bitcoin Diprediksi Naik di Tahun 2023?

Bahkan, banyak ahli yang memprediksi bahwa harga Bitcoin akan terus naik di tahun 2023. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi alasan di balik prediksi tersebut?

1. Adopsi institusional yang meningkat

Salah satu alasan utama yang membuat harga Bitcoin diprediksi akan naik di tahun 2023 adalah adopsi institusional yang semakin meningkat. Banyak institusi besar, seperti bank dan perusahaan teknologi, telah mulai memperhatikan Bitcoin dan teknologi blockchain. Mereka telah mulai memasukkan Bitcoin ke dalam strategi investasi mereka, dan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Sebagai contoh, Bank of New York Mellon, bank tertua di Amerika Serikat, telah mengumumkan rencananya untuk menyediakan layanan aset kripto kepada kliennya.

2. Penambangan Bitcoin yang semakin sulit

Dalam beberapa tahun terakhir, penambangan Bitcoin telah menjadi semakin sulit karena persaingan yang semakin ketat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jumlah Bitcoin yang tersedia semakin sedikit, sementara permintaannya semakin meningkat. Oleh karena itu, para penambang harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan Bitcoin. Kondisi ini akan semakin sulit di tahun-tahun mendatang, sehingga membuat Bitcoin semakin langka dan berharga.

Mengapa Harga Bitcoin Diprediksi Naik di Tahun 2023?

3. Pertumbuhan DeFi

Decentralized Finance atau yang biasa disebut DeFi merupakan salah satu tren baru di dunia kripto. Dalam beberapa tahun terakhir, DeFi telah menjadi sangat populer di kalangan investor dan pengguna kripto. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa DeFi menawarkan banyak keuntungan, seperti tingkat bunga yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah. Karena pertumbuhan DeFi yang semakin pesat, maka permintaan akan Bitcoin sebagai salah satu aset kripto yang paling banyak digunakan di dalam DeFi juga semakin meningkat.

4. Keterbatasan pasokan Bitcoin

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, hanya ada 21 juta Bitcoin yang akan pernah ada di dunia. Saat ini, sekitar 18,6 juta Bitcoin telah ditambang, sementara sisanya diperkirakan akan selesai ditambang pada tahun 2140. Karena keterbatasan pasokan Bitcoin yang semakin terasa, maka permintaan akan Bitcoin akan semakin tinggi, dan ini akan membuat harga Bitcoin terus naik.

5. Peningkatan kepercayaan publik

Salah satu alasan lain yang membuat harga Bitcoin diprediksi akan naik di tahun 2023 adalah peningkatan kepercayaan publik. Semakin banyak orang yang mulai memahami teknologi blockchain dan potensi yang imiliki oleh Bitcoin, semakin banyak pula orang yang mulai mempercayai Bitcoin sebagai investasi yang aman dan menguntungkan. Selain itu, semakin banyak negara yang mulai mengatur dan melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai aset digital yang sah. Contohnya adalah El Salvador yang menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan Bitcoin sebagai mata uang yang sah di negaranya.

6. Ketidakpastian pasar keuangan global

Pasar keuangan global selalu penuh dengan ketidakpastian dan fluktuasi harga. Ketika kondisi ekonomi global tidak stabil, banyak investor yang mulai mencari aset yang dapat diandalkan dan aman, seperti emas atau Bitcoin. Sebagai aset digital yang tidak terpengaruh oleh inflasi dan ketidakpastian ekonomi global, Bitcoin menjadi alternatif investasi yang semakin diminati oleh para investor.

7. Pengurangan pasokan baru

Setiap empat tahun sekali, jumlah Bitcoin yang dihasilkan dari penambangan baru akan berkurang sekitar setengah dari jumlah sebelumnya. Hal ini disebut dengan istilah halving. Hal ini terjadi karena teknologi blockchain yang digunakan oleh Bitcoin didesain untuk membuat pasokan Bitcoin menjadi semakin terbatas seiring berjalannya waktu. Pengurangan pasokan baru ini membuat Bitcoin semakin langka dan berharga, sehingga mempengaruhi harga Bitcoin di pasaran.

8. Berkembangnya teknologi blockchain

Selain Bitcoin, teknologi blockchain juga semakin berkembang dan semakin banyak digunakan di berbagai sektor. Blockchain digunakan untuk memastikan keamanan dan keabsahan transaksi, dan banyak perusahaan dan institusi besar yang mulai memanfaatkan teknologi ini. Semakin berkembangnya teknologi blockchain, maka semakin besar pula potensi penggunaan Bitcoin sebagai salah satu aset kripto terbesar dan paling terpercaya di masa depan.

9. Pandemi COVID-19

Meskipun pandemi COVID-19 telah menimbulkan banyak kerugian ekonomi, namun pada saat yang sama pandemi ini juga menjadi katalisator bagi pertumbuhan pasar kripto. Banyak orang yang mulai mencari alternatif investasi selain pasar saham dan aset tradisional lainnya, sehingga semakin banyak orang yang mulai menginvestasikan uang mereka di pasar kripto, termasuk Bitcoin. Hal ini juga mempengaruhi harga Bitcoin di pasar.

10. Permintaan retail yang meningkat

Akhir-akhir ini, permintaan Bitcoin dari kalangan retail atau individu semakin meningkat. Banyak orang yang mulai membeli Bitcoin sebagai investasi jangka panjang atau untuk trading. Salah satu penyebabnya adalah semakin mudahnya akses ke pasar kripto, sehingga semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk berinvestasi di pasar kripto. Permintaan retail yang meningkat juga mempengaruhi harga Bitcoin di pasar.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa alasan mengapa harga Bitcoin diprediksi akan naik di tahun 2023. Adopsi institusional yang meningkat, penambangan Bitcoin yang semakin sulit, pertumbuhan DeFi, keterbat asan pasokan, dan permintaan retail yang meningkat menjadi beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga Bitcoin di masa depan. Meskipun harga Bitcoin terus berfluktuasi dan tidak menjamin keuntungan yang pasti, namun semakin banyak orang yang percaya bahwa Bitcoin merupakan investasi yang aman dan menguntungkan di masa depan. Oleh karena itu, jika Sobat Alba Media Center tertarik untuk berinvestasi di Bitcoin, pastikan untuk melakukan riset dan analisis yang matang sebelum memutuskan untuk membeli Bitcoin.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Alba Media Center. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna bagi pembaca. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman atau keluarga yang mungkin tertarik dengan pasar kripto dan Bitcoin. Tetap berhati-hati dan bijak dalam berinvestasi, dan selalu ingat untuk melakukan riset dan analisis sebelum membuat keputusan investasi apapun. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x