Rekomendasi 8 Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia

waktu baca 4 menit
Sabtu, 22 Apr 2023 05:10 0 347 administrator

Rekomendasi 8 Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia, Jika tertarik dengan jurusan kimia di sekolah, maka penting untuk mengetahui tentang Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia. Dengan mengetahui informasi tersebut akan menjadi lebih mudah menuju universitas atau fakultas kimia yang diinginkan. Walaupun jurusan kimia sudah didapatkan sejak dibangku SMA, akan tetapi tidak banyak siswa atau siswi yang menyukai pelajaran ini karena dianggap terlalu rumit dan sulit.

Rekomendasi 8 Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia

Jurusan kimia ialah jurusan atau prodi yang mempelajari tentang sifat, struktur, serta reaktifitas suatu zat. Jurusan kimia juga mempelajari ilmu secara spesifik.Setelah mengetahui penjelasannya, maka informasi di bawah ini patut untuk disimak.

1. Universitas Indonesia

Kampus universitas indonesia  yang terletak di kota Depok Jawa Barat memiliki jurusan teknik kimia yang merupakan bagian dari fakultas teknik UI.

Kampus universitas Indonesia sudah mendapat akreditasi A dari BAN PT serta akreditasi ASEAN university network di tahun 2010. Salah satu  program studinya adalah jurusan teknik kimia. UI juga mengadakan program fast track bagi para mahasiswa yang memenuhi kriteria, sehingga jenjang pendidikannya akan lebih singkat.

2. Institut Teknologi Bandung

Universitas dengan jurusan kimia yang terbaik selanjutnya yaitu Institut Teknologi Bandung yang sudah mendapatkan akreditasi A. Di tahun 2023, jurusan teknik kimia ITB telah membuka tiga jalur  studi baru yaitu; Bioproses, Teknologi pangan, dan Teknologi kimia umum.

Prodi teknik kimia memerlukan kemampuan dasar tentang kimia matematika, pengetahuan fisika, dan biologi khusus untuk jalur studi teknologi pangan dan bioproses.

3. Universitas Gadjah Mada

Jurusan Teknologi Kimia Terbaik Di Indonesia yang selanjutnya yaitu Universitas Gadjah Mada. Universitas yang terletak di kota Yogyakarta ini memiliki Jurusan Teknik Kimia yang sudah terakreditasi A. Selain itu kampus UGM juga telah berhasil mendapatkan akreditasi Institution of chemical engineer.

Rekomendasi 8 Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia

Universitas Gadjah mada atau yang sering disebut UGM ini memang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Salah satu jurusan terbaiknya yakni teknik kimia yang hingga kini memiliki kualitas dan akreditasi yang sangat baik.

4. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya juga termasuk dalam jajaran universitas yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik. Universitas ini juga sudah mendapatkan akreditasi A. Tidak hanya itu, kampus ini juga telah menerima dana program hibah TPSDP dan dana program PHK-1.

Universitas Sriwijaya ini terletak di Palembang, Sumatera Selatan yang menyediakan jurusan teknik Kimia. Memiliki kualitas pendidikan yang baik memberikan sarjana berkualitas di bidang Kimia. Hingga kini, Universitas Sriwijaya telah berhasil meluluskan ribuan sarjana teknik kimia berkualitas.

5. Institut Teknologi 10 November

Universitas yang selanjutnya yaitu Institut Teknologi Sepuluh November. Kampus yang berada di kota Surabaya ini juga memiliki akreditasi A untuk jurusan kimianya dan juga telah tersertifikasi AUN-QA. Salah satu hal yang membuat fakultas ini menjadi yang terbaik adalah karena prestasinya.

Teknik Kimia di ITS prestasi yang membanggakan seperti menjadi runner-up mewakili student petroleum engineer chapter ITS di India. Hingga saat ini, ITS telah menghasilkan ribuan sarjana berkualitas yang berpengaruh dalam industri ataupun pemerintahan.

6. Universitas Surabaya

Rekomendasi yang selanjutnya yaitu, Universitas Surabaya. Universitas yang terletak di surabaya ini juga dapat dikatakan sebagai penerus universitas Trisakti dan sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, serta memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap.

Fasilitas yang disediakan oleh Universitas Surabaya sangat menunjang dalam menumpuh pembelajaran teknik kimia. Jadi, tidak heran jika lulusan teknik kimia dari Universitas Surabaya memiliki kualitas yang oke.

7. Universitas Syiah Kuala

Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kota Banda Aceh dengan menyediakan jurusan teknik kimia yang terbaik dan sudah terakreditasi A. Program studi teknik kimia di kampus tersebut sudah berdiri sejak tahun 1977 sebagai respon terhadap pertumbuhan kawasan industri di Aceh.

Universitas Syiah Kuala ini memiliki orientasi terhadap lulusan dalam bidang pekerjaan seperti research and development, process engineering, dan consultant service. Namun, tentunya hal tersebut tidak sebatas bidang pekerjaan itu saja, melainkan banyak bidang yang sekarang ada environmental settings.

8. Universitas Sebelas Maret

Universitas ini juga termasuk dalam daftar fakultas kimia terbaik. Kampus Universitas sebelas maret bisa dikatakan memiliki banyak peminat tidak hanya di teknik kimianya saja, tetapi di jurusan yang lain pun tidak sepi peminat. Universitas ini pun telah mendapatkan akreditasi yang terbaik yaitu A dari BAN PT.

Universitas sebelas maret ini menyediakan jurusan teknik kimia dengan berbagai keunggulan lainnya. Jadi, tidak heran jika banyak mahasiswa baru yang mengincarnya. Kualitas pendidikannya pun tidak usah diragukan dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Itulah pembahasan tentang Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan mengenai fakultas mana saja yang memiliki jurusan kimia terbaik.

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x