8 Jurusan Sepi Peminat Di UGM

waktu baca 4 menit
Selasa, 25 Apr 2023 06:27 0 266 administrator

8 Jurusan Sepi Peminat Di UGM dengan Daya Tampung dan Peluang Lolos Besar, Jika ingin melanjutkan kuliah dan memilih Jurusan Sepi Peminat Di UGM dengan harapan supaya lebih mudah untuk diterima, maka persiapkanlah diri untuk bersaing untuk mendapatkan kursi di salah satu prodi UGM yang sepi peminat. Karena biasanya 1 kursi akan diperebutkan antara puluhan hingga ratusan orang.

8 Jurusan Sepi Peminat Di UGM

Selain mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan mengikuti tes di perguruan tinggi,  memilih jurusan yang tepat juga merupakan sesuatu yang penting, karena sebagian mahasiswa kerap salah dalam memilih jurusan saat kuliah sehingga waktu kelulusannya pun menjadi semakin lama.Oleh sebab itu, Yuk! simak pembahasan berikut ini.

1. Teknologi Perikanan

Jurusan Teknologi hasil perikanan mempelajari tentang seperti apa mengolah hasil perikanan supaya menjadi produk perikanan yang berkualitas tinggi.Tidak hanya itu, jurusan teknologi perikanan juga mempelajari tentang bisnis perikanan dan manajemen industri.

Prospek kerja dari jurusan teknologi perikanan yakni Departemen Perikanan, Pengembangan bisnis perikanan, dan Budidaya perairan. Untuk data pendaftar di tahun 2021 yakni 185 dengan daya tampung di tahun 2022 yakni 23. Dengan begitu, persentase keketatan yakni sebesar 12,43%.

2. Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian

Jurusan yang selanjutnya yaitu Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang mempelajari tentang pemahaman mengenai masyarakat di pedesaan untuk dapat menyelesaikan permasalahan sosial dan ekonomi pertanian dengan cara memahami sosiologi dan ekonomi masyarakat pedesaan.

Mata kuliah yang diterima dalam jurusan ini sama dengan Jurusan ekonomi, tetapi pembahasannya lebih mengarahkan kepada penyelesaian masalah pertanian.Prospek kerja dari jurusan ini yakni Konsultan lingkungan, Pengajar ilmu agrikultural. Data pendaftar di tahun 2021 yakni 148 dengan daya tampung di tahun 2021 yakni 12. Dengan begitu, persentase keketatan yakni 8,11 persen.

3. Sastra Jawa

Apabila berencana memiliki tempat tinggal di Jawa dalam waktu yang cukup lama, maka memilih jurusan ini adalah keputusan yang tepat. Dengan mempelajari tentang karya sastra, bahasa serta kebudayaan jawa maka mahasiswa disini dipersiapkan untuk menjadi sastrawan jawa atau peneliti budaya jawa yang secara spesifik mengkaji karya sastra dalam bahasa jawa sebagai fenomena sosial dan budaya.

Prospek kerja dari sastra jawa yakni Pemandu wisata, peneliti kebudayaan jawa, Dosen akademisi. Data pendaftar di tahun 2021 yakni 143, dengan daya tampung di tahun 2022 yakni 14. Dengan begitu, persentase keketatan yakni 9,79 persen.

4. Jurusan Ilmu Arkeologi

Jurusan Sepi Peminat Di UGM yang selanjutnya adalah Jurusan ilmu arkeologi. Jurusan ini mempelajari tentang kebudayaan manusia sejak dahulu melalui kajian sistematis dari data-data benda yang telah ditinggalkan. Jurusan arkeologi juga mempelajari tentang sejarah. Contohnya, mempelajari peradaban kuno, manusia purba, kehidupan dinosaurus dan sejarah lainnya.

8 Jurusan Sepi Peminat Di UGM

8 Jurusan Sepi Peminat Di UGM

Prospek kerja dari jurusan ini yakni Jurnalis, Peneliti arkeolog, pengelola museum, PNS. Data pendaftar tahun 2021 yakni 356 dengan daya tampung tahun 2022 yakni 18. Dengan begitu, persentase keketatan yakni sebesar 5,06 persen.

5. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang cukup prospek di masa mendatang, dimana siapa saja dapat mempelajarinya dengan mudah. Jurusan Sastra Indonesia mempelajari tentang keanekaragaman subyek sastra, puisi, drama, novel dan roman. Tidak sedikit pula yang menerapkan kurikulum dengan mata kuliah bahasa dan sastra Indonesia.

prospek kerja: Penulis, Tenaga pengajar, Editor.

6. Jurusan ilmu perpustakaan

Jangan membayangkan jurusan ini hanya berkutat dengan buku, yang sangat membosankan dan identik dengan mahasiswa cupu yang memakai kacamata. Ilmu perpustakaan mengajarkan tentang cara pengorganisasian, pengawetan, serta menyebarluaskan sumber informasi yang ada di perpustakaan. Jurusan ini juga dituntut untuk mampu mengelola informasi yang berbasis teknologi.

Prospek kerja: Programmer, document controller, dan sekretaris.

7. Jurusan Agronomi

Jurusan ini menawarkan kurikulum yang mengkaji tentang lingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman, dan juga interaksi faktor genetik. Faktor abiotik terdiri dari iklim dan tanah, sedangkan faktor biotiknya adalah gulma, hama penyakit, dan tanaman yang lainnya.

Prospek kerja: Instansi dan Lembaga Pemerintahan, Departemen Pertanian,  Wirausaha pertanian.

8. Sastra Jepang

Jurusan UGM yang sepi peminat yang berikutnya yakni Sastra Jepang. Mungkin dari kalian sudah ada yang memimpikan berkuliah di jurusan ini yang masuk ke dalam lingkung fakultas Ilmu budaya atau FIB. Nantinya, akan ada banyak hal yang perlu dipelajari, diantaranya pengantar kejepangan, Dounyuu 1 & 2, Fukushuu 1 & 2, kanji, dan lainnya.

Prospek kerja dari jurusan sastra jepang misalnya penerjemah, pemandu wisata, dosen, dan lainnya. Data pendaftar di tahun 2021 yakni 450 dengan daya tampung di tahun 2022 yakni 14. Dengan begitu, persentase keketatannya yakni sebesar 3,11 persen.

Nah, itulah Jurusan Sepi Peminat Di UGM serta prospek kerjanya. Jadi, jurusan mana yang akan dipilih? Ayo! tentukan pilihan jurusan yang tepat, dan prospek kerjanya lebih luas.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x