8 Info Beasiswa S2 yang Terbaru dan Terupdate

waktu baca 4 menit
Rabu, 26 Apr 2023 07:19 0 359 administrator

8 Info Beasiswa S2 yang Terbaru dan Terupdate. Saat ini masih cukup banyak peluang yang tersedia untuk mencari Beasiswa S2 untuk pembiayaan studi. Ada banyak jenis beasiswa mulai dari menanggung biaya secara keseluruhan dan ada juga yang hanya menanggung biaya kuliah saja, atau dana parsial hanya untuk biaya studi tertentu.

8 Info Beasiswa S2 yang Terbaru dan Terupdate

Pemilihan beasiswa tergantung pada keperluan studi yang dibutuhkan. Apabila menginginkan seluruh keperluan studi ditanggung oleh pihak donatur atau sponsor, maka memilih beasiswa penuh dapat dijadikan prioritas.

Ulasan di bawah ini akan membahas tentang info beasiswa yang tepat untuk dipilih, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (LPDP)

Beasiswa pendidikan ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Programnya diberi nama Beasiswa Pendidikan Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan pun cukup beragam, antara lain Reguler LPDP, beasiswa afirmasi, beasiswa perguruan tinggi, beasiswa targeted dan lain-lain. Beasiswa LPDP dapat dikatakan terfavorit di Indonesia saat ini.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini, maka perlu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Adapun persyaratannya yakni berikut:

  • WNI
  • Telah menyelesaikan studi D4 atau S1 untuk magister, S2 untuk beasiswa doktor.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan On Going.
  • Melampirkan surat rekomendasi.
  • Menulis proposal.

2. Beasiswa Fullbright

Beasiswa ini bisa dikatakan cukup tua, akan tetapi masih banyak menarik minat para pemburu beasiswa untuk kuliah di A.S. Jika ingin melanjutkan S2 di universitas di Amerika, maka beasiswa fullbright bisa dipertimbangkan. Ada beberapa jenis beasiswa fulbright diantaranya yaitu fulbright doctoral degree schoralship, fulbright master’s degree schoralship, fulbright DAI, dan lain-lain.

Supaya bisa memperoleh benefit dari beasiswa Fullbright, maka perlu mendaftar dan lolos. Untuk bisa lolos maka harus memenuhi persyaratan yang ada. Berikut ini ada beberapa syarat beasiswa fullbright:

8 Info Beasiswa S2 yang Terbaru dan Terupdate

8 Info Beasiswa S2 yang Terbaru dan Terupdate

  • Mempunyai sertifikasi bahasa inggris.
  • Toefl ITP minimal 550 atau IELTS 6,5 untuk S2.
  • Memiliki komitmen untuk kembali ke negara sendiri ketika telah lulus.

3. Beasiswa SISGP

Beasiswa S2 yang satu ini ditawarkan oleh pemerintah Swedia. Programnya bernama swedish institute scholarship for global profesionals (SISGP). Salah satu yang diberi kesempatan mendaftar adalah pelamar dari negara Indonesia. Beasiswa ini menawarkan dana biaya hidup, biaya kuliah, asuransi serta biaya perjalanan.

Beasiswa yang cukup menarik ini memiliki 2 persyaratan utama yakni persyaratan bekerja dan persyaratan dokumen. Untuk persyaratan dokumen misalnya CV, letter of referance, salinan paspor, KTP, motivation latter. Untuk perysratan bekerja misal surat keterangan bekerja, mempunyai pengalaman kepemimpinan, bekerja penuh atau paruh waktu.

4. Beasiswa The Future Leader Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh salah satu kampus ternama di bidang menajemen dan telah berdiri sejak tahun 1967. Beasiswa tersebut diberikan kepada lulusan S1 yang memiliki IPK 3.00 dan  maximal berumur 26 tahun.

Beasiswa the future leader schlarship ini memberikan tawaran yang cukup menarik dan mencakup bidang beasiswa. Untuk bisa mendapatkannya, setidaknya perlu mempersiapkan beberapa syarat. Misalnya, pas foto 3×4, KTP, letter of Acceptence, CV, KK, transkipp nilai beserta ijazah.

5. Beasiswa Pascasarjana UGM

Beasiswa ini diberikan kepada lulusan S1 maximal 3 tahun sebelum tahun pendaftaran. Beasiswa ini dapat diberikan kepada lulusan yang mempunyai IPK paling sedikit 3.25 untuk lulusan universitas negri dan 3.4 untuk lulusan universitas swasta.  Program studi yang ditawaran antara lain: bioteknologi, manajemen pendidikan tinggi, kajian pariwisata, agama dan lintas budaya, tekhnik biomedis, ilmu lingkungan dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Beasiswa CIMB ASEAN

Beasiswa yang selanjutnya yaitu beasiswa CIMB ASEAN yang memberikan kesempatan kepada lulusan S1 yang berumur maksimal 27 tahun dan mempunyai IPK 3.25 untuk melanjutkan studi di universitas mana saja di Indonesia. Program studinya antara lain: Computer engineering, finance and economics, humanities and social sciences, bussines, dan ICT.

Jika berhasil mendapatkan beasiswa CIMB ASEAN ini, maka akan memperoleh beberapa benefit bagi mahasiswa. Adapun cakupan pembiayaan beasiswa meliputi:

  • Beasiswa penuh uang perkuliahan.
  • Tunjangan biaya akomodasi dan hidup.
  • Visa dan tiket pesawat (jika kuliah di luar negeri)
  • Magang di Kantor CIMB.
  • Mendapatkan pendampingan karir dari tim mentor CIMB.

7.Beasiswa DAAD

Beasiswa luar negeri ini juga tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Setiap tahun pelajar dari Indonesia memilih untuk melanjutkan pendidikan di negara Jerman tersebut dan dengan jumlah yang cukup signifikan. Apabila ingin kuliah tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, maka manfaatkanlah beasiswa DAAD yang selalu ditawarkan setiap tahun.

8. Beasiswa Global Sustainable Electeicity Partnetship

Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk siapa saja yang ingin melanjutkan program studi di universitas manapun yang diinginkan. Program studinya berhubungan dengan pengembangan enegi berkelanjutan. Akan tetapi tidak terbatas pada, smart gird, electrik transportation, zero-carbon energy, economics, dan public  policy saja.

Mau lolos dan mendapatkan Beasiswa S2 di dalam dan luar negri? Yuk, manfaatkan kesempatan yang ada dan carilah informasi yang akurat agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x