Mengenal Istilah Dasar dalam Dunia Cryptocurrency

waktu baca 4 menit
Rabu, 3 Mei 2023 06:21 0 246 administrator

Mengenal Istilah Dasar dalam Dunia Cryptocurrency, Assalamualaikum, Sobat Alba Media Center! Semakin berkembangnya teknologi, membuat kita harus mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal zaman.

Mengenal Istilah Dasar dalam Dunia Cryptocurrency

Salah satu teknologi yang sedang populer belakangan ini adalah cryptocurrency. Bagi sebagian orang, cryptocurrency masih terdengar asing dan membingungkan. Oleh karena itu, pada artikel ini, kita akan mengenal istilah dasar dalam dunia cryptocurrency.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk mengamankan transaksinya. Cryptocurrency tidak dikendalikan oleh otoritas sentral seperti bank atau pemerintah, sehingga penggunaannya tidak terikat oleh aturan dan regulasi dari pihak ketiga.

Mengenal Istilah Dasar dalam Dunia Cryptocurrency

Mengenal Istilah Dasar dalam Dunia Cryptocurrency

Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang mendasari cryptocurrency. Secara sederhana, blockchain adalah buku besar digital terdesentralisasi yang menyimpan catatan transaksi yang terjadi pada jaringan cryptocurrency. Setiap kali ada transaksi baru, informasi tersebut ditambahkan ke dalam blockchain. Blockchain sangat sulit dimanipulasi karena setiap transaksi harus diverifikasi oleh banyak pihak dalam jaringan.

Wallet

Wallet adalah dompet digital yang digunakan untuk menyimpan cryptocurrency. Wallet ini tidak sama dengan dompet fisik yang biasanya digunakan untuk menyimpan uang tunai. Wallet digunakan untuk mengirim dan menerima cryptocurrency. Ada dua jenis wallet, yaitu hot wallet dan cold wallet. Hot wallet adalah wallet yang terhubung ke internet dan digunakan untuk transaksi sehari-hari, sedangkan cold wallet adalah wallet offline yang digunakan untuk menyimpan cryptocurrency dalam jumlah besar.

Exchange

Exchange adalah tempat di mana cryptocurrency dapat dibeli dan dijual. Exchange ini bisa berupa platform online yang memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual cryptocurrency dengan uang fiat (mata uang konvensional seperti Rupiah atau Dolar) atau dengan cryptocurrency lainnya.

Token

Token adalah unit dasar dari cryptocurrency. Token ini dapat digunakan untuk membayar barang atau jasa pada platform yang menerimanya. Token juga dapat diperdagangkan pada exchange. Beberapa contoh token populer adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Ripple (XRP).

Altcoin

Altcoin adalah sebutan untuk cryptocurrency selain Bitcoin. Ada ratusan altcoin yang beredar di pasar saat ini. Beberapa di antaranya cukup populer seperti Ethereum, Ripple, dan Litecoin.

Mining

Mining adalah proses verifikasi transaksi dan penciptaan token baru dalam jaringan cryptocurrency. Proses ini memerlukan daya komputasi yang tinggi dan biaya listrik yang besar. Karena itu, biasanya hanya dilakukan oleh para penambang (miners) yang memiliki perangkat khusus untuk mining.

Blockchain Fork

Blockchain fork terjadi ketika terjadi perubahan pada protokol blockchain, sehingga terjadi pemisahan dari blockchain asli. Biasanya, fork ini terjadi karena adanya perbedaan pandangan antara pengembang dan komunitas pengguna. Ada dua jenis fork, yaitu hard fork dan soft fork. Hard fork menghasilkan blockchain yang tidak kompatibel dengan

Hard Fork dan Soft Fork

Hard fork adalah jenis fork yang menghasilkan blockchain baru yang tidak kompatibel dengan blockchain asli. Dalam hard fork, setiap node di jaringan harus beralih ke versi baru dari blockchain untuk dapat bertransaksi. Sedangkan soft fork adalah jenis fork yang masih kompatibel dengan blockchain asli. Dalam soft fork, hanya sebagian node yang harus beralih ke versi baru dari blockchain untuk dapat bertransaksi.

Initial Coin Offering (ICO)

Initial Coin Offering (ICO) adalah cara untuk mengumpulkan dana untuk pengembangan cryptocurrency baru. ICO ini mirip dengan Initial Public Offering (IPO) di pasar saham konvensional. Investor dapat membeli token baru dengan cryptocurrency atau uang fiat.

Token Burn

Token burn adalah proses penghapusan token dari sirkulasi yang dilakukan oleh pengembang cryptocurrency. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah token yang beredar dan meningkatkan nilai dari token yang tersisa.

Kesimpulan

Itulah 10 istilah dasar yang harus diketahui dalam dunia cryptocurrency. Dengan mengenal istilah-istilah tersebut, diharapkan dapat mempermudah pemahaman mengenai cryptocurrency. Namun, perlu diingat bahwa cryptocurrency merupakan investasi yang berisiko tinggi dan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Terima kasih telah membaca, Sobat Alba Media Center. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x