Tips Desain Bener PPDB dengan Aplikasi Canva

waktu baca 6 menit
Selasa, 2 Mei 2023 12:43 0 264 administrator

Tips Desain Bener PPDB dengan Aplikasi Canva, Assalamualaikum Sobat Alba Media Center! Menjelang akhir tahun ajaran, pastinya banyak dari kalian yang sudah sibuk menyiapkan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Tips Desain Bener PPDB dengan Aplikasi Canva

Salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah desain bener atau brosur PPDB yang menarik dan informatif. Nah, kali ini kami akan memberikan tips desain bener PPDB yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Canva. Yuk simak!

1. Pilih Tema yang Menarik

Tema atau konsep desain bener PPDB sangat penting untuk menarik minat calon siswa dan orangtua. Pilihlah tema yang sesuai dengan karakter sekolahmu dan bisa menggambarkan keunggulan sekolahmu. Misalnya, jika sekolahmu memiliki program unggulan dalam bidang olahraga, maka tema desain bener bisa mengandung unsur olahraga.

2. Gunakan Warna yang Menarik

Warna yang digunakan dalam desain bener PPDB juga sangat berpengaruh untuk menarik perhatian. Pilihlah warna-warna yang cerah dan kontras agar desain terlihat lebih menarik dan mudah dikenali. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan warna agar desain tidak terlihat ramai dan tidak mudah dibaca.

3. Tampilkan Informasi yang Jelas

Desain bener PPDB haruslah informatif dan memuat informasi yang jelas dan lengkap. Tampilkan informasi tentang program unggulan sekolah, persyaratan pendaftaran, jadwal tes, dan kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut. Pastikan informasi tersebut mudah dibaca dan terorganisir dengan baik.

4. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Font atau jenis huruf yang digunakan dalam desain bener PPDB juga sangat penting untuk memudahkan pembaca dalam membaca informasi yang ada. Gunakanlah jenis huruf yang mudah dibaca dan tidak terlalu banyak variasi. Jangan gunakan font yang terlalu kecil atau terlalu besar agar pembaca tidak kesulitan membaca informasi.

5. Sertakan Gambar atau Ilustrasi Menarik

Sertakanlah gambar atau ilustrasi menarik yang bisa mendukung tema desain bener PPDB yang kamu pilih. Gunakanlah gambar atau ilustrasi yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan tema. Jangan menggunakan gambar atau ilustrasi yang terlalu ramai agar tidak mengganggu pembaca dalam membaca informasi.

6. Buat Desain Simpel dan Bersih

Desain bener PPDB sebaiknya dibuat dengan desain yang simpel dan bersih agar mudah dibaca dan tidak terlalu membingungkan. Hindari penggunaan banyak elemen dekoratif yang tidak perlu karena hal tersebut hanya akan membuat desain terlihat ramai dan tidak terorganisir dengan baik.

Tentunya, sebagai panitia penyelenggara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Anda ingin tampil beda dengan desain yang menarik agar dapat memikat calon siswa dan orang tua yang mendaftar. Bagaimana jika saya beri tahu Anda bahwa ada aplikasi desain gratis yang dapat membantu Anda membuat desain bener PPDB dengan mudah dan cepat? Ya, Canva adalah jawabannya! Dalam artikel ini, Sobat Alba Media Center akan membahas beberapa tips dan trik untuk membuat desain bener PPDB dengan aplikasi Canva. Mari kita mulai dengan bismillah dan ucapan salam pembuka.

Tips Desain Bener PPDB dengan Aplikasi Canva

1. Tentukan Konsep Desain

Sebelum memulai desain di Canva, penting untuk memiliki konsep desain yang jelas. Tentukan tema dan warna yang akan digunakan agar desain menjadi konsisten dan mudah dikenali. Jangan lupa untuk mempertimbangkan target audiens PPDB, apakah desain akan ditujukan untuk siswa atau orang tua. Setelah itu, Anda dapat mulai memilih template desain yang sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan.

2. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Foto adalah salah satu elemen terpenting dalam desain bener PPDB. Gunakan foto berkualitas tinggi untuk membuat desain terlihat lebih profesional dan menarik perhatian. Anda dapat mencari foto berkualitas tinggi di situs-situs seperti Unsplash atau Pixabay yang menyediakan koleksi foto gratis.

3. Gunakan Teks yang Mudah Dibaca

Pastikan teks yang digunakan mudah dibaca dan tidak terlalu banyak. Gunakan jenis huruf yang sesuai dengan tema dan warna desain. Pilih warna kontras yang dapat membedakan teks dengan latar belakang desain. Tidak ada salahnya menggunakan efek bayangan atau garis bawah untuk membuat teks lebih menonjol.

4. Buat Desain yang Responsif

Saat ini, banyak orang mengakses informasi melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Oleh karena itu, pastikan desain bener PPDB yang dibuat juga responsif dan dapat menyesuaikan ukuran layar perangkat yang berbeda. Anda dapat menggunakan fitur-fitur seperti “resize” pada Canva untuk membuat desain lebih mudah disesuaikan.

5. Gunakan CTA yang Menarik

CTA (Call-to-Action) adalah elemen yang sangat penting dalam desain bener PPDB. Gunakan kata-kata yang menarik seperti “Daftar Sekarang!” atau “Buruan Segera Daftar!” agar calon siswa dan orang tua lebih tertarik untuk mendaftar. Posisikan CTA pada bagian yang mudah terlihat dan tidak terlalu tersembunyi oleh elemen desain lainnya.

6. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Efek

Meskipun Canva menyediakan banyak efek dan filter, jangan terlalu banyak menggunakannya dalam desain bener PPDB. Terlalu banyak efek dapat membuat desain terlihat berantakan dan sulit dibaca Tentu, saya akan melanjutkan penulisan artikelnya. Berikut adalah paragraf ke-5 sampai ke-8 dari artikel “Tips Desain Bener PPDB dengan Aplikasi Canva”:

5. Gunakan Warna yang Menarik

Warna adalah elemen desain yang paling penting dan dapat mempengaruhi emosi orang ketika melihat desain. Dalam mendesain banner atau poster Bener PPDB, gunakan warna-warna cerah dan menarik. Namun, pastikan pilihan warnanya sesuai dengan tema atau logo Bener PPDB. Selain itu, pastikan juga bahwa warna yang Anda gunakan selaras dan mudah dibaca.

6. Tambahkan Foto atau Gambar

Tidak hanya warna, tetapi gambar atau foto juga dapat mempengaruhi efektivitas banner atau poster Anda. Pastikan gambar atau foto yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan sesuai dengan tema Bener PPDB. Gunakan gambar atau foto yang menarik perhatian dan membuat orang ingin tahu lebih lanjut tentang acara tersebut. Anda juga bisa menambahkan ikon atau gambar lainnya yang sesuai dengan tema.

7. Perhatikan Komposisi dan Tata Letak

Desain yang baik harus memiliki tata letak dan komposisi yang baik. Pastikan teks atau informasi yang Anda sertakan dalam banner atau poster mudah dibaca dan dipahami. Gunakan font yang sesuai dengan tema dan pastikan ukuran fontnya cukup besar agar mudah dibaca. Selain itu, pastikan juga tata letaknya rapi dan sesuai dengan hierarki informasi yang ingin disampaikan.

8. Gunakan Template yang Tersedia di Canva

Jika Anda kesulitan dalam mendesain banner atau poster Bener PPDB, jangan khawatir. Canva menyediakan banyak sekali template yang dapat digunakan secara gratis. Anda hanya perlu memilih template yang sesuai dengan tema dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan template yang sudah tersedia, Anda dapat menghemat waktu dan mendapatkan hasil yang lebih profesional.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dalam mendesain banner atau poster Bener PPDB dengan menggunakan aplikasi Canva. Dengan mengikuti tips ini, diharapkan Anda dapat membuat desain yang menarik dan efektif untuk mempromosikan acara Bener PPDB. Ingatlah untuk selalu memperhatikan tema, warna, foto atau gambar, tata letak, dan komposisi dalam mendesain banner atau poster. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Alba Media Center yang ingin mempromosikan acara Bener PPDB. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x