Kuliner Terenak di Pontianak 2023

waktu baca 3 menit
Sabtu, 6 Mei 2023 18:27 0 244 administrator

Kuliner Terenak di Pontianak 2023, Assalamualaikum Sobat Alba Media Center! Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, memang terkenal dengan wisata kuliner yang lezat dan unik.

Kuliner Terenak di Pontianak 2023

Banyak makanan khas yang bisa kamu temukan di sini. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa kuliner terenak di Pontianak yang wajib kamu coba. Yuk, simak ulasannya!

Mie Tiaw Pontianak

Mie Tiaw Pontianak sudah sangat terkenal hingga ke luar daerah. Mie ini terbuat dari tepung terigu dan telur yang dicampur hingga adonan menjadi kental. Mie Tiaw ini disajikan dengan irisan daging babi, seafood, dan tahu goreng yang renyah. Jangan lupa tambahkan saus yang khas Pontianak agar rasanya semakin nikmat.

Kuliner Terenak di Pontianak 2023

Kuliner Terenak di Pontianak 2023

Sate Kalimantan

Sate Kalimantan juga menjadi salah satu kuliner yang paling terkenal di Pontianak. Daging yang digunakan adalah daging sapi atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rempah. Rasanya begitu lezat dan bikin ketagihan.

Lumpia Basah

Lumpia basah juga menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba di Pontianak. Kulit lumpia yang terbuat dari tepung terigu, diisi dengan rebung, daging ayam atau udang, dan telur. Topping kacang, bawang goreng dan saus yang khas Pontianak, membuat lumpia basah ini terasa nikmat.

Es Kacang Merah

Es kacang merah juga menjadi salah satu hidangan pencuci mulut yang sangat terkenal di Pontianak. Terdiri dari campuran es serut, kacang merah, cincau, biji selasih, dan susu kental manis. Rasa manis yang segar dan dingin, sangat cocok untuk kamu yang berkunjung ke Pontianak saat cuaca panas.

Nasi Ketupat Kandangan

Nasi ketupat kandangan merupakan hidangan khas Kalimantan Barat. Nasi ketupat ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak bersama dengan daun pandan dan kelapa parut. Biasanya disajikan dengan ayam atau ikan dengan bumbu khas daerah Kandangan. Rasanya yang gurih dan legit, sangat cocok untuk dicoba.

Soto Pontianak

Soto Pontianak juga menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba. Kuah kaldu ayam yang disiram di atas potongan daging ayam, mie kuning, tauge, dan kentang goreng yang membuat rasa soto ini sangat khas dan nikmat.

Emping Melinjo

Emping melinjo juga menjadi salah satu jajanan khas Pontianak yang wajib dicoba. Terbuat dari biji melinjo yang digoreng kering, emping ini biasanya dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.

Pisang Goreng

Pisang goreng juga menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pontianak. Pisang yang digoreng tepung dengan tekstur renyah di luar, tetapi lembut di dalamnya. Biasanya, pisang goreng ini disajikan dengan saus cokelat atau madu.

Laksamana Malahayati

Laksamana Malahayati merupakan restoran yang menyajikan berbagai jenis hidangan khas Pontianak. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah nasi goreng pinang masak. Rasanya yang lezat dan khas membuat restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk lokal.

Kerupuk Kemplang

Kerupuk kemplang menjadi salah satu oleh-oleh khas Pontianak yang paling terkenal. Terbuat dari tepung ikan dan udang yang digoreng hingga renyah, kerupuk ini cocok untuk kamu jadikan camilan saat di perjalanan pulang.

Kesimpulan

Itulah beberapa kuliner terenak di Pontianak yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Tentunya, masih banyak kuliner lainnya yang tidak kalah lezat dan unik di Pontianak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin mencoba kuliner khas Pontianak. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya ya, Sobat Alba Media Center!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www albamediacenter com/1366/kuliner-terenak-di-pontianak-2023 html

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x