8 Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Yang Tepat

waktu baca 4 menit
Senin, 15 Mei 2023 19:20 0 482 administrator

8 Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Yang Tepat, Memilih jurusan kuliah seharusnya sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yang dimiliki. Supaya tidak bingung dalam memilih jurusan yang tepat , maka tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan.

8 Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Yang Tepat

Sebagian orang menganggap memilih jurusan tertentu yang dianggap mudah dan terkesan untuk tidak perlu banyak berpikir. Akan tetapi setiap jurusan sebenarnya memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Oleh sebab itu, banyak orang yang menganggap “salah dalam memilih jurusan” di pertengahan semester.

Bagaimanakah cara memilih jurusan yang tepat supaya tidak menyesal di kemudian hari? Yuk! simak tips-tips di bawah ini.

1. Temukan Hal yang Disukai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat dan mengetahui potensi apa saja yang dimiliki. Dengan mengetahui potensi yang dimiliki maka bisa dengan mudah menentukan jurusan.

Misalnya, di waktu senggang senang melakukan kegiatan seperti membaca, atau menulis dan kegiatan tersebut menjadikan diri lebih bersemangat, maka pilihlah jurusan yang ada kaitannya dengan aktivitas tadi. contoh jurusan yang tepat untuk orang yang memiliki hobi membaca dan menulis,  ialah dengan memilih jurusan sastra merupakan pilihan yang paling tepat.

2. Riset Jurusan

Malu bertanya tetapi ujungnya penyesalan? selagi masih ada waktu galillah informasi sebanyak mungkin mengenai program studi yang akan diambil. Luangkanlah waktu untuk berbincang-bincang dengan Guru BK, kakak alumni atau mencari artikel tentang jurusan PTN di internet.

Mengetahui mata kuliah juga sangat penting untuk menghadapi tantangan dan prospek kerja di masa yang akan datang. Hal ini dapat membantu untuk memiliki gambaran jurusan apa yang akan dipilih dan nantinya tidak menjadi kekhawatiran setelah lulus mau menjadi apa.

8 Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Yang Tepat

8 Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Yang Tepat

3. Jangan Terpaku Dengan Satu Jurusan Saja

Langkah selanjutnya untuk  Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi yaitu: Jangan hanya tetpaku dengan satu jurusan saja. Sebenarnya sah-sah saja jika mengambil jurusan yang sangat diinginkan, Akan tetapi jangan lupa siapkan plan-B.

Pikirkanlah jurusan cadangan dengan mata kuliah yang hampir sama dengan piihan jurusan yang pertama. Apalagi jika pilihan jurusan yang pertama memiliki pasing grade yang tinggi.

4. Perhatikan Biaya Yang Dikeluarka

Memperhitungkan biaya yang dikeluarkan juga sangat penting untuk dilakukan. Misalnya mengambil jurusan kedokteran tentu biayanya akan lebih mahal daripada jurusan yang lainnya.

Diskusikanlah dengan orang tua supaya tidak terlalu memberatkan di kemudian hari. Karena jurusan seperti kedokteran, Desain atau tekhnik akan lebih sering mengadakan kegiatan praktik yang mengharuskan membeli peralatan dengan harga yang lumayan. Jadi, carilah program beasiswa untuk dapat meringankan biaya kuliah.

5. Riset Perguruan Tinggi

Carilah Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi baik dan mempunyai fasilitas yang lengkap serta Dosen-Dosen yang profesional. Ada sebagian universitas yang mengunggulkan jurusan tertentu saja, misalnya UNJ (Universitas Negeri Jakarta) yang mempelopori jurusan pendidikan Indonesia sebagai universitas swasta jurusan komunikasi yang terbaik.

Mendekati tahun ajaran baru banyak universitas yang mengadakan campus tour untuk mengajak para calon mahasiswa lebih mengenali lingkungan kampus. Nah, pada acara tersebut cobalah bertanya tentang beasiswa, biaya kuliah, jurusan-jurusan yang ada dalam kampus tersebut dan program studi apa saja yang ditawarkan.

6. Pelajari Jurusan yang Ingin Dipilih

Ketika akan mendaftar perkuliahan, siswa sudah harus memiliki rencana jurusan yang akan dituju. Tips memilih jurusan di perguruan tinggi yakni dengan mempelajari jurusan yang akan dipilih. Siswa bis amencari tau berbagai hal dengan teliti mengenai jurusan yang disediakan oleh universitas.

Pastikan, jurusan tersebut sesuai dengan minat kalian dan memiliki akreditasi yang tinggi. Pelajari berbagai hal mengenai jurusan tersebut mengenai mata kuliah, prospek karir, dan lainnya. Dengan begitu, siswa tidak lagi merasa salah jurusan ketika sudah memilihnya dengan benar.

7. Perhatikan Peluang Kerja

Hal paling penting saat memilih jurusan di perguruan tinggi adalah meilihat peluang kerja dari setiap jurusan. Tentu peluang kerja menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab menyangkut masa depan. Pilihlah jurusan yang masih relevan saat ini hingga ketika kalian lulus.

Dengan begitu, akan lebih mudah dan memiliki peluang tinggi untuk bekerja di bidang tersebut. Meskipun, tidak sedikit kasus orang-orang bekerja tidak sesuai jurusan karena berbagai faktor. Tentu, hal ini menjadi sebuah perhatian lebih agar mahasiswa tetap sesuai jalur minat bakatnya.

8. Hindari memilih Jurusan Karena Ikut-ikutan

Masa menjadi siswa adalah masa yang memiliki banyak teman dan cenderung mengikuti teman-temannya dalam mengambil keputusan. Hal ini perlu diperhatikan dan jangan sampai kalian memilih jurusan di perguruan tinggi hanya karena mengikuti teman. Pasalnya, ini akan cukup berpengaruh kedepannya bagi siswa.

Ambilah keputusan sesuai dengan yang diinginkan. Jangan takut untuk mengambil keputusan dan tetap diskusikan dengan orang tua, dan guru BK. Sebab, hidupmu adalah tanggung jawab kamu, jadi pastikan pilih jurusan yang sesuai dengan yang diinginkan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang Cara Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi. Jadi, gimana nih? apakah sudah memiliki gambaran untuk memilih jurusan atau program studi apa yang sesuai dengan keinginan dan bakat yang dimiliki? Ayo! pilihlah jurusan yang tepat supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x