Rahasia Tersembunyi di Balik Doa Menyembelih Hewan Kurban yang Harus Anda Ketahui!

waktu baca 3 menit
Sabtu, 24 Jun 2023 06:36 0 936 administrator

Doa Menyembelih Hewan Kurban yang Harus Anda Ketahui!, Doa menyembelih hewan kurban merupakan bagian penting dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Doa Menyembelih Hewan Kurban yang Harus Anda Ketahui!

Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam mengenai doa yang harus dibaca saat menyembelih hewan kurban, serta pentingnya melaksanakan doa tersebut.

1. Doa Menyembelih Hewan Kurban

Doa yang harus dibaca saat menyembelih hewan kurban adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Tulisan latinnya : “Allahumma Hadzihi Minka Wa Ilaika Fataqabbal Minni Ya Karim

Artinya : “ Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku “.

Atau boleh juga membaca do’a lain yang mungkin lebih singkat untuk dilantunkan

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ

Tulisan latinnya : “Bismillahi Wallahu Akbar, Allahumma Inna Hadza Minka Wa Laka

Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah, sesungguhnya (sembelihan) ini dari-Mu dan untuk-Mu “.

Selain dari kedua do’a yang telah disebutkan diatas, bisa juga dengan membaca untaian kalimat suci ini untuk berdo’a kepada Allah saat hendak memotong hewan kurban.

Doa Menyembelih Hewan Kurban yang Harus Anda Ketahui!

Doa Menyembelih Hewan Kurban yang Harus Anda Ketahui!

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا عَنِّي وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِي

Tulisan latinnya : “Bismillahi Wallahu Akbar Allahumma Hadza ‘Anni Wa ‘An Ahli Baiti

Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah, ini dari hamba dan dari keluarga hamba “.

Doa ini merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS dan dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW serta para sahabat. Dengan membaca doa ini, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa penyembelihan hewan kurban ini dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Pentingnya Melaksanakan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Pelaksanaan doa saat menyembelih hewan kurban memiliki beberapa pentingnya, antara lain:

a. Mengikuti Sunnah Nabi Ibrahim AS

Dalam agama Islam, doa menyembelih hewan kurban merupakan bagian dari ibadah yang mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim AS adalah teladan bagi umat Muslim dalam menjalankan ajaran agama. Dengan melaksanakan doa ini, kita menjunjung tinggi nilai-nilai yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS.

b. Menyucikan Niat

Dengan membaca doa saat menyembelih hewan kurban, kita menyucikan niat kita dalam melakukan ibadah kurban. Doa tersebut mengingatkan kita bahwa kurban yang kita lakukan semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT, bukan untuk kepentingan duniawi.

c. Meningkatkan Kehidupan Spiritual

Doa saat menyembelih hewan kurban juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kehidupan spiritual kita. Dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang mencerminkan keikhlasan dan pengabdian kepada Allah SWT, kita dapat memperkuat ikatan spiritual dengan-Nya.

d. Merenungi Makna Kurban

Melaksanakan doa menyembelih hewan kurban juga merupakan momen untuk merenungi makna dari ibadah kurban itu sendiri. Kurban bukanlah semata-mata mengenai pemotongan hewan, tetapi juga tentang pengorbanan, keikhlasan, dan solidaritas sosial.

Kesimpulan

Doa menyembelih hewan kurban adalah bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan ibadah kurban. Dengan membaca doa ini, kita mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS dan menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual dalam melaksanakan kurban. Doa tersebut juga mengingatkan kita akan pentingnya mengikhlaskan niat dan merenungi makna dari ibadah kurban itu sendiri. Dengan melaksanakan doa ini dengan penuh keikhlasan, semoga ibadah kurban kita diterima oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x