Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

waktu baca 4 menit
Selasa, 27 Jun 2023 08:38 0 555 Sandi Sandi

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah, Assalamualaikum Sobat Alba Media Center, Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Puasa ini dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas bersama-sama mengenai keutamaan puasa Arafah dan betapa pentingnya pelaksanaan ibadah ini dalam hidup kita.

1. Meraih Pahala Besar

Puasa Arafah merupakan amalan yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arafah akan menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Dengan berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, kita memiliki kesempatan emas untuk mendapatkan pahala besar dan menghapus dosa-dosa kita.

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

2. Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada hari tersebut, kita berpuasa dengan penuh kesungguhan, berdoa, dan beribadah secara intensif. Dengan melakukan puasa ini, kita menunjukkan rasa taat dan ketaatan kita kepada Allah, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada-Nya.

3. Meniru Ibadah Para Rasul dan Nabi

Para Rasul dan Nabi sebelum kita juga melaksanakan puasa Arafah sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku berharap kepada Allah bahwa puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang bagi umatku.” Dengan berpuasa Arafah, kita mengikuti jejak langkah mereka dan menghidupkan sunnah-sunnah yang mulia.

4. Memperoleh Maghfirah

Keutamaan lainnya dari puasa Arafah adalah memperoleh ampunan dan maghfirah dari Allah. Pada hari tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan rahmat-Nya yang melimpah. Dengan berpuasa dan berdoa dengan sungguh-sungguh, kita berharap agar Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, membersihkan hati kita, dan menjadikan kita hamba-Nya yang lebih baik.

5. Memperkuat Persaudaraan Muslim

Salah satu keutamaan puasa Arafah adalah memperkuat tali persaudaraan di antara umat Muslim. Pada hari tersebut, umat Muslim dari berbagai belahan dunia berpuasa dengan tujuan yang sama, yaitu mendapatkan rahmat dan pahala dari Allah.

6. Mendekatkan Dirinya dengan Tindakan Sosial

Di samping melakukan ibadah puasa, puasa Arafah juga mendorong umat Muslim untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Hal ini dapat dilakukan melalui tindakan sosial seperti memberi sedekah, membantu kaum dhuafa, mengunjungi orang sakit, atau menyumbangkan makanan kepada yang membutuhkan. Dengan melakukan tindakan sosial ini, kita tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga membantu meringankan beban hidup sesama manusia.

7. Menyucikan Jiwa dan Meningkatkan Kesabaran

Puasa Arafah juga memiliki manfaat spiritual yang besar. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa, kita belajar untuk mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan kesabaran. Puasa ini juga membantu kita membersihkan jiwa dari sifat-sifat negatif seperti kebencian, iri hati, dan kesombongan, serta menjadikan kita pribadi yang lebih sabar, rendah hati, dan penuh kasih sayang.

8. Meningkatkan Kualitas Ibadah di Hari Tasyrik

Hari setelah puasa Arafah, yaitu tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah, dikenal sebagai hari Tasyrik. Pada hari-hari ini, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadahnya, seperti berdzikir, memperbanyak shalat sunnah, dan melakukan qurban. Dengan melaksanakan puasa Arafah, kita memiliki bekal spiritual dan energi yang cukup untuk menjalankan ibadah di hari Tasyrik dengan lebih baik.

9. Menjadikan Diri Lebih Bersyukur

Puasa Arafah juga membantu kita untuk lebih menghayati nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita. Dengan menahan diri dari makan dan minum, kita merasakan lapar dan haus yang mengingatkan kita betapa berharganya rezeki yang Allah berikan. Hal ini menjadikan kita lebih bersyukur dan mengingat betapa pentingnya mensyukuri setiap karunia-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

10. Mendapatkan Keberkahan di Hari Raya Idul Adha

Puasa Arafah juga memberikan keberkahan di Hari Raya Idul Adha. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arafah adalah penebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang.” Dengan berpuasa Arafah, kita berharap mendapatkan keberkahan dalam perayaan Idul Adha, mendapatkan pahala dari qurban, serta menjalankan ibadah dengan ikhlas dan tulus di hari yang istimewa ini.

Kesimpulan

Demikianlah, Sobat Alba Media Center, keutamaan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah sangatlah besar. Melalui puasa ini, kita dapat meraih pahala besar, mendekatkan diri kepada Allah, meniru ibadah para Rasul dan Nabi, serta memperoleh maghfirah dari-Nya. Puasa Arafah juga membantu memperkuat persaudaraan Muslim, mendekatkan diri dengan tindakan sosial, menyucikan jiwa, dan meningkatkan kesabaran kita. Selain itu, puasa ini juga memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas ibadah di hari Tasyrik, menjadikan diri lebih bersyukur, dan mendapatkan keberkahan di Hari Raya Idul Adha.

Dengan demikian, mari kita manfaatkan kesempatan yang ada pada tanggal 9 Dzulhijjah untuk melaksanakan puasa Arafah dengan penuh kesungguhan dan ikhlas. Semoga melalui ibadah ini, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa-dosa kita, dan memperoleh berkah serta rahmat-Nya. Mari kita jaga semangat dan keikhlasan kita dalam melaksanakan ibadah ini, serta terus berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di setiap kesempatan yang Allah berikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Alba Media Center. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x