Sunnah yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Sholat Idul Adha

waktu baca 3 menit
Rabu, 28 Jun 2023 10:25 0 3921 Elman Yaqin

Sunnah yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Sholat Idul Adha

Assalamualaikum Sobat Alba Media Center, dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, ada beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum menunaikan sholat Idul Adha. Sunnah-sunnah ini merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan dapat menambah keberkahan dalam ibadah kita. Berikut adalah beberapa sunnah yang bisa kita amalkan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha.

Membaca Takbir

Sunnah pertama yang dapat kita lakukan adalah membaca takbir pada malam hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Rasulullah SAW dan para sahabatnya mengamalkan hal ini untuk mengagungkan Allah SWT dan menyemarakkan suasana Idul Adha.

Memperbanyak Istighfar

Sebagai bentuk persiapan spiritual, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak istighfar (mohon ampunan) dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Dengan istighfar, kita membersihkan diri dari dosa-dosa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Memperbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran juga merupakan sunnah yang dianjurkan sebelum Hari Raya Idul Adha. Dalam momen yang berbahagia ini, kita dapat memperbanyak tilawah Al-Quran sebagai bentuk pengingat dan penyemangat diri dalam menjalankan ajaran-Nya.

Memberikan Sedekah

Sebagai bagian dari persiapan sosial, memberikan sedekah kepada sesama menjadi sunnah yang dianjurkan sebelum Hari Raya Idul Adha. Sedekah dapat berupa bantuan kepada fakir miskin, memberikan makanan kepada yang membutuhkan, atau kontribusi dalam program sosial yang membantu kaum dhuafa.

Mengurus Zakat Fitrah

Sebelum Hari Raya Idul Adha tiba, kita juga disunnahkan untuk mengurus zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan sebagai bentuk pembersihan dan pembaharuan diri menjelang Hari Raya Idul Adha.

Menyembelih Hewan Kurban

Sunnah yang paling terkenal dalam menyambut Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban merupakan bentuk pengorbanan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Bersiap Menyambut Hari Raya

Selain persiapan spiritual, kita juga perlu melakukan persiapan fisik dan mental dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Menyiapkan pakaian yang layak, membersihkan rumah, dan mempersiapkan diri secara keseluruhan adalah bagian dari persiapan yang dianjurkan.

Menghindari Makan Sebelum Sholat Idul Adha

Menghindari Makan Sebelum Sholat Idul Adha

Menghindari Makan Sebelum Sholat Idul Adha

Sebaiknya kita menghindari makan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha. Hal ini dilakukan untuk meneladani Rasulullah SAW yang biasanya tidak makan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha.

Berangkat ke Tempat Sholat dengan Berjamaah

Menunaikan sholat Idul Adha sebaiknya dilakukan dengan berjamaah. Kita dapat berangkat ke tempat sholat bersama-sama dengan keluarga atau komunitas muslim setempat untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan dalam beribadah.

Menyampaikan Ucapan Selamat

Setelah menunaikan sholat Idul Adha, kita dapat saling menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga, teman, dan kerabat yang hadir. Ucapan selamat ini merupakan bentuk kegembiraan atas suksesnya ibadah kita dan keberkahan yang Allah SWT berikan pada Hari Raya Idul Adha.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x