Syarat dan Ketentuan PPG yang Wajib Guru Ketahui di Ajaran Baru

waktu baca 4 menit
Sabtu, 1 Jul 2023 21:28 0 317 Elman Yaqin

Assalamualaikum, Sobat Alba Media Center! Syarat dan Ketentuan PPG yang Wajib Guru Ketahui di Ajaran Baru

Pengenalan

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program yang wajib diikuti oleh para calon guru sebelum mereka dapat mengajar di sekolah. Pada ajaran baru, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui oleh para guru terkait PPG. Artikel ini akan membahas mengenai syarat dan ketentuan PPG yang perlu dipahami oleh guru-guru dalam menjalankan tugas mereka. Dengan mengetahui dan mematuhi syarat dan ketentuan ini, diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi profesional mereka dan memberikan pengajaran yang berkualitas kepada siswa.

1. Gelar Sarjana

Syarat utama untuk mengikuti PPG adalah memiliki gelar sarjana yang relevan dengan bidang studi yang akan diajarkan. Misalnya, jika seseorang ingin menjadi guru matematika, maka mereka harus memiliki gelar sarjana dalam bidang matematika atau pendidikan matematika. Gelar sarjana ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki pemahaman yang cukup dalam bidang studi yang akan diajarkan.

2. Surat Tanda Tamat Studi (STTS)

Setelah menyelesaikan program sarjana, guru calon harus memiliki Surat Tanda Tamat Studi (STTS) yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi terkait. STTS ini menunjukkan bahwa seseorang telah menyelesaikan studi sarjana dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Syarat dan Ketentuan PPG yang Wajib Guru Ketahui di Ajaran Baru

Syarat dan Ketentuan PPG yang Wajib Guru Ketahui di Ajaran Baru

3. Sertifikat Kompetensi

Guru calon juga harus memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) setempat. Sertifikat ini menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam proses PPG. Sertifikat kompetensi ini penting untuk memastikan bahwa para guru memiliki kualifikasi yang sesuai untuk mengajar di sekolah.

4. Tes Seleksi Masuk PPG

Selain persyaratan akademik, para calon guru juga harus mengikuti tes seleksi masuk PPG yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan calon guru dalam bidang pedagogi, psikologi, dan bidang studi yang akan diajarkan. Hasil tes ini akan digunakan sebagai acuan dalam penerimaan calon guru ke dalam program PPG.

5. Mengikuti Program PPG

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, para guru calon harus mengikuti program PPG yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini berfokus pada pengembangan kompetensi pedagogis, kepemimpinan, dan profesionalisme guru. Selama program PPG, para guru calon akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti seminar, praktik pengajaran, dan tugas proyek.

6. Membuat Portofolio Pendidik

Sebagai bagian dari program PPG, para guru calon diharuskan untuk membuat portofolio pendidik. Portofolio ini berisi dokumentasi tentang pengalaman mengajar, hasil observasi mengajar, refleksi diri, dan bukti-bukti lain yang menunjukkan kemajuan dan prestasi dalam pengembangan profesional mereka. Portofolio pendidik ini akan dievaluasi dan menjadi salah satu pertimbangan dalam pemberian sertifikat kompetensi.

7. Mengikuti Ujian Akhir

Pada akhir program PPG, para guru calon harus mengikuti ujian akhir yang meliputi tes tertulis dan uji praktik. Ujian ini bertujuan untuk menilai pemahaman dan penerapan konsep-konsep pendidikan yang telah dipelajari selama program PPG. Hasil ujian ini akan menjadi acuan dalam pemberian sertifikat kompetensi kepada para guru.

8. Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Pendidik

Setelah berhasil menyelesaikan program PPG dan memenuhi semua persyaratan, para guru akan diberikan sertifikat kompetensi dan sertifikat pendidik. Sertifikat kompetensi menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam program PPG, sedangkan sertifikat pendidik menunjukkan bahwa seseorang memiliki kualifikasi untuk mengajar di sekolah.

9. Mengikuti Program Peningkatan Profesi

Setelah mendapatkan sertifikat kompetensi dan sertifikat pendidik, perjalanan pengembangan profesional seorang guru belum berakhir. Para guru perlu terus mengikuti program-program peningkatan profesi untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengajar. Program-program ini dapat berupa pelatihan, workshop, seminar, atau kegiatan pengembangan lainnya.

10. Berkomitmen untuk Belajar Seumur Hidup

Sebagai seorang guru, komitmen untuk belajar seumur hidup sangat penting. Dunia pendidikan terus berkembang dan menghadirkan tantangan baru. Oleh karena itu, para guru perlu terus mengembangkan diri, mengikuti perkembangan terkini, dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Dengan berkomitmen untuk belajar seumur hidup, para guru dapat memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa mereka.

Kesimpulan

Syarat dan ketentuan PPG yang wajib diketahui oleh para guru di ajaran baru adalah gelar sarjana, STTS, sertifikat kompetensi, tes seleksi masuk PPG, mengikuti program PPG, membuat portofolio pendidik, mengikuti ujian akhir, sertifikat kompetensi, sertifikat pendidik, mengikuti program peningkatan profesi, dan berkomitmen untuk belajar seumur hidup. Dengan memenuhi syarat dan mematuhi ketentuan ini, para guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan menghasilkan generasi siswa yang berkualitas.

Assalamualaikum, Sobat Alba Media Center! Itulah beberapa syarat dan ketentuan PPG yang wajib diketahui oleh para guru di ajaran baru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan kompetensi profesional mereka. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x