10 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Bikin Nagih

waktu baca 3 menit
Minggu, 2 Jul 2023 21:50 0 306 Elman Yaqin

Assalamualaikum, Sobat Alba Media Center! 10 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Bikin Nagih

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib dicoba. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi yang direbus dan dicampur dengan petis, sayur-sayuran, dan cingur (hidung sapi). Rasanya yang gurih, segar, dan sedikit pedas membuat rujak cingur menjadi hidangan yang sangat nikmat.

2. Rawon

Rawon adalah masakan berkuah hitam khas Jawa Timur yang menggunakan bahan utama daging sapi. Kuah hitam ini dibuat dari rempah-rempah seperti keluak dan kluwek yang memberikan aroma dan rasa khas. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan daging sapi yang empuk.

3. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan tradisional Jawa Timur yang terdiri dari lontong, tahu, lentho, tauge, dan bihun. Semua bahan tersebut disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan bumbu petis yang khas. Rasanya yang lezat membuat Lontong Balap menjadi kuliner favorit di Jawa Timur.

10 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Bikin Nagih

10 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Bikin Nagih

4. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah soto khas Jawa Timur yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan bumbu rempah yang kaya. Soto ini biasanya disajikan dengan daging ayam atau daging sapi yang empuk, telur rebus, tauge, dan perkedel. Rasanya yang lezat membuat Soto Lamongan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba.

5. Bakso Malang

Bakso Malang adalah bakso yang berasal dari Kota Malang, Jawa Timur. Bakso ini terkenal dengan tekstur yang kenyal dan isian yang beragam, seperti daging sapi, bakso urat, bakso goreng, tahu, dan mie. Bakso Malang biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang lezat.

6. Sate Madura

Sate Madura adalah makanan khas Madura, Jawa Timur, yang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Sate ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang ditusuk dalam tusukan bambu, kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Sate Madura sangat populer dan bisa ditemukan di berbagai daerah di Jawa Timur.

7. Nasi Pecel

Nasi Pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan beragam sayuran rebus seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan daun singkong. Semua sayuran tersebut dilumuri dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih. Nasi Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang sangat populer.

8. Tahu Campur

Tahu Campur adalah makanan khas Surabaya, Jawa Timur, yang terdiri dari tahu, taoge, suun, dan daging sapi yang dimasak dengan kuah kacang. Rasanya yang kaya dan lezat membuat Tahu Campur menjadi hidangan favorit di Jawa Timur.

9. Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan daging sapi yang empuk, paru, jeroan sapi, dan sambal krecek. Hidangan ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti telur, tahu, dan lalapan. Rasanya yang gurih dan kaya rempah membuat Nasi Krawu menjadi makanan yang lezat.

10. Pecel Lele

Pecel Lele adalah hidangan berbahan dasar lele yang digoreng dengan tepung kemudian disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan. Hidangan ini sangat populer di Jawa Timur dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Kesimpulan

Itulah 10 wisata kuliner khas Jawa Timur yang bisa membuat lidah Anda bergoyang. Dari Rujak Cingur yang segar, Rawon yang gurih, hingga Pecel Lele yang nikmat, semua makanan tersebut merupakan hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jawa Timur. Selamat mencicipi dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Alba Media Center!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x