Cara Membuat Basque Burnt Cheesecake, Dessert Sensasi dari Spanyol

waktu baca 3 menit
Kamis, 27 Jul 2023 07:29 0 401 Elman Yaqin

Cara Membuat Basque Burnt Cheesecake, Dessert Sensasi dari SpanyolAssalamualaikum, Sobat Alba Media Center! Siapa yang bisa menolak pesona dessert dari . Spanyol yang satu ini? Basque Burnt Cheesecake, atau yang juga dikenal sebagai “Tarta de Queso,” telah menjadi sensasi di dunia kuliner. Dessert ini memiliki tekstur unik dan cita rasa yang lezat. Di artikel ini, kami akan mengajarkan cara mudah membuat Basque Burnt Cheesecake di rumah. Yuk, simak resep dan panduannya!

1. Apa Itu Basque Burnt Cheesecake?

Basque Burnt Cheesecake adalah varian dari cheesecake tradisional yang berasal dari Basque Country, Spanyol. Dessert ini terkenal karena teksturnya yang gosong di bagian atas dan creamy di bagian dalam. Perbedaannya dengan cheesecake pada umumnya adalah Basque Burnt Cheesecake tidak memerlukan kerak kue atau crust pada bagian bawahnya.

2. Keunikan Basque Burnt Cheesecake

Keunikan Basque Burnt Cheesecake terletak pada proses memasaknya. Dessert ini dipanggang pada suhu tinggi sehingga bagian atasnya menjadi gosong dan renyah, sementara bagian dalamnya tetap creamy. Kombinasi tekstur ini menciptakan pengalaman makan yang menarik dan nikmat.

3. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Basque Burnt Cheesecake, Anda membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti cream cheese, gula, telur, tepung terigu, garam, dan vanili. Anda juga bisa menambahkan sedikit bubuk matcha atau cokelat untuk variasi rasa.

4. Cara Membuat Basque Burnt Cheesecake

Langkah pertama adalah menyiapkan loyang bulat dengan diameter sekitar 8-9 inci dan mengalasnya dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 220 derajat Celsius. Dalam sebuah mangkuk besar, kocok cream cheese dan gula hingga lembut dan creamy. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan tepung terigu, garam, dan vanili, aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Proses Memasak

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Panggang Basque Burnt Cheesecake dalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 25-30 menit atau hingga bagian atasnya gosong dan berwarna kecokelatan. Jangan khawatir jika bagian tengahnya masih sedikit goyang, karena saat didinginkan, teksturnya akan mengeras.

6. Kesabaran dalam Proses Pendinginan

Setelah matang, keluarkan Basque Burnt Cheesecake dari oven dan biarkan dingin pada suhu ruangan selama beberapa jam. Setelah itu, pindahkan ke dalam lemari es dan biarkan dingin semalaman. Dessert ini paling lezat saat disajikan dalam keadaan dingin.

7. Penyajian

Basque Burnt Cheesecake siap disajikan. Anda bisa menambahkan taburan gula halus atau saus buah di atasnya untuk penampilan yang lebih menarik. Nikmati dessert ini dalam potongan-potongan kecil dan rasakan sensasi gosong dan creamy dalam setiap gigitannya.

8. Variasi Rasa

Jika ingin mencoba variasi rasa, Anda bisa menambahkan bubuk matcha untuk rasa teh hijau yang khas, atau cokelat untuk rasa yang lebih kaya dan nikmat.

9. Pesona Basque Burnt Cheesecake

Basque Burnt Cheesecake menawarkan pesona yang tak tertandingi dalam dunia dessert. Keunikan tekstur dan rasa gosongnya membuatnya menjadi pilihan favorit para pecinta cheesecake.

10. Cobalah Resep Ini di Rumah

Dengan panduan yang

kami berikan di atas, Anda bisa dengan mudah mencoba membuat Basque Burnt Cheesecake di rumah. Selamat mencoba, dan nikmati dessert yang sedang populer ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat Anda!

Sampai Jumpa, Sobat Alba Media Center!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x