Apa Itu Pendidikan Karakter?

waktu baca 4 menit
Senin, 2 Jan 2023 17:08 0 411 administrator

Apa Itu Pendidikan Karakter? Hidup di zaman yang penuh tantangan seperti sekarang ini membuat pendidikan  harus diterapkan pada seluruh institusi pendidikan. Melalui pendidikan pengembangan ini, peserta didik mampu menjadi masyarakat yang lebih baik dan beradab.

Apa Itu Pendidikan Karakter? Ketahui Pengertian, Fungsi, Nilai, dan Contoh Penerapannya!

Para ahli menciptakan terobosan baru berupa konsep pendidikan pengembangan  dengan nilai-nilai dan prinsip tertentu. Adapun informasi lengkap seputar pendidikan pengembangan karakter adalah sebagai berikut.

Apa Itu Pendidikan Karakter?

Apa Itu Pendidikan Karakter

Pendidikan dengan pengembangan karakter sendiri dapat diartikan dari setiap katanya secara terpisah. Pendidikan adalah proses pembelajaran, keterampilan, kebiasaan, dan pengetahuan individu yang diteruskan secara lintas generasi. Sedangkan karakter adalah kepribadian atau sifat yang mengarah pada keyakinan atau kebiasaan sehari-hari.

Jika digabungkan, maka pendidikan adalah usaha terencana yang bertujuan membentuk karakter seseorang agar bisa menjadi individu yang bermanfaat, baik itu bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat. Dengan pendidikan ini, seorang individu dapat menjadi manusia yang berkepribadian baik, berakhlak, dan mempunyai dampak positif bagi alam dan banyak orang.

Fungsi Dari Pendidikan 

Berdasarkan pengertian di atas, pendidikan pengembangan karakter mempunyai fungsi untuk membangun potensi individu agar bisa menjalani kehidupannya dengan kepribadian yang baik. Adapun 3 fungsi utama pendidikan dengan pembangunan karakter adalah sebagai berikut.

  • Membangun kehidupan kebangsaan dengan budaya yang beraneka ragam.
  • Menciptakan peradaban bangsa yang cerdas dan berbudaya luhur serta mengembangkan potensi individu untuk berpikir, berperilaku, dan berhati baik.
  • Menumbuhkan sikap cinta damai, mandiri, kreatif, dan mampu bersikap harmonis dengan bangsa lain.

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pendidikan 

Sebuah pendidikan tentunya memiliki nilai-nilai di dalamnya dan nantinya bisa diajarkan  serta ditanamkan dengan baik kepada peserta didik. Adapun penjelasan dari beberapa nilai yang terkandung dalam pendidikan pengembangan karakter adalah sebagai berikut.

Apa Itu Pendidikan Karakter

1. Integritas

Nilai satu ini dapat diwujudkan dengan mempunyai sikap tanggung jawab sebagai warga negara serta aktif bergabung dalam kehidupan sosial di sekitarnya. Selain itu, nilai integritas ini juga dapat diimplementasikan dengan bertindak dan berkata sesuai fakta serta menghargai martabat setiap individu.

2. Nasionalis

Nilai berikutnya yang terkandung dalam pendidikan pengembangan karakter adalah nilai nasionalis. Nilai ini dapat ditunjukkan melalui apresiasi terhadap budaya bangsa sendiri. Dengan adanya nilai nasionalis, peserta didik diharapkan dapat menjaga kekayaan budaya bangsa, menghormati keberagaman budaya, dan cinta tanah air.

3. Religius

Merupakan nilai yang mencerminkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Nilai religius ini dapat diajarkan pada peserta didik dengan melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut. Selain itu, peserta didik harus memiliki sikap toleransi yang tinggi dan mampu hidup rukun dengan pemeluk agama lainnya.

4. Mandiri

Nilai lainnya yang terkandung dalam pendidikan pengembangan karakter adalah nilai mandiri. Nilai tersebut dapat diwujudkan melalui perilaku yang tidak selalu bergantung pada orang lain. Peserta didik diharapkan dapat mengerahkan segala pikiran, waktu, dan tenaga yang dimiliki untuk mewujudkan harapan maupun cita-citanya.

5. Gotong Royong

Dengan adanya pendidikan pengembangan karakter, peserta didik diharapkan mempunyai pribadi yang ringan untuk gotong royong. Nilai satu ini dapat diimplementasikan melalui kerja sama dan sikap saling membantu menyelesaikan suatu permasalahan bersama. Tak hanya itu, nilai tersebut juga bisa ditunjukkan dengan memberikan pertolongan bagi orang yang membutuhkan.

Contoh Penerapan Pendidikan Karakter

Tak hanya di bangku pendidikan, peran orang tua dalam memberikan pendidikan pengembangan karakter pada anak juga sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini terdapat beberapa contoh yang bisa diterapkan.

1. Contohkan Langsung

Seorang anak pasti akan cepat belajar dengan meniru orang-orang terdekatnya. Ketika anak-anak melihat hal-hal yang baik, maka karakter atau kepribadian pada anak juga akan menjadi baik. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mencotohkan hal-hal yang baik pada anak sedini mungkin.

2. Beri Tugas

Memberikan sebuah tugas kepada anak akan mengajarkan banyak hal seperti keberanian untuk menyatakan ide atau pendapat pada forum diskusi kelompok. Cara ini dapat membuat anak mempunyai rasa tanggung jawab, berpikir kritis, dan masih banyak lagi karakter lainnya tergantung dari tugas yang diberikan.

3. Tanamkan Kebiasaan Baik

Membiasakan anak untuk melakukan hal baik secara tidak langsung akan membuat anak mempunyai karakter yang baik juga. Maka dari itu, guru maupun orang tua harus mengajarkan anak tentang berbagai kebiasaan yang baik agar hati, pikiran, dan sikap yang dimiliki pada anak juga baik secara keseluruhan.

Kesimpulan

Pendidikan pengembangan karakter harus melibatkan peran masyarakat secara luas, baik itu dari lingkungan keluarga maupun dari lingkup pendidikan sekolah. Dengan begitu, pembangunan karakter yang baik pada setiap anak bisa terwujud dengan lebih sempurna. Selain itu, diperlukan komunikasi dan perhatian penuh pada anak agar karakter yang dimiliki tetap melekat dalam diri anak.

Demikian pembahasan singkat mengenai pendidikan karakter yang kini sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak ini tentunya akan membuat pembentukan karakter pada diri anak dapat terealisasikan dengan baik.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x