5 Pembelajaran Yang Efektif Untuk Siswa

waktu baca 4 menit
Selasa, 3 Jan 2023 11:22 0 324 administrator

5 Pembelajaran Yang Efektif Untuk Siswa, Menjadi seorang guru atau pengajar tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Diperlukan media pembelajaran yang efektif agar pencapaian kompetensi dapat terealisasikan dengan baik. Maka dari itu, seorang pengajar harus mengetahui apa saja media yang tepat dan efektif untuk proses pembelajaran.

5 Pembelajaran Yang Efektif Untuk Siswa

Media pembelajaran yang kreatif dan efektif sendiri terbagi menjadi 5 macam yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan belajar peserta didik. Apa saja media pembelajaran tersebut? Berikut adalah informasinya.

1. Media Manipulatif

Media pembelajaran pertama yang bisa dibilang cukup efektif adalah media manipulatif. Media ini merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk berbagai macam bentuk pembelajaran sesuai keinginan.

Pengajar dapat memanfaatkan objek tertentu untuk menyampaikan materi yang akan dijelaskan kepada peserta didik. Objek tersebut bisa berupa barang yang dapat digunakan untuk belajar mengenal huruf, belajar menghitung, hingga belajar sains.

2. Media Audio

Media pembelajaran yang efektif berikutnya adalah media audio atau suara. Media satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang keefektifan kegiatan belajar-mengajar. Media audio dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik secara lebih menarik dan menyenangkan.

Media ini biasanya sering digunakan untuk materi bahasa, baik itu pidato, kecakapan berbahasa asing, dan lain-lain. Melalui media ini, peserta didik dapat melatih fokus untuk mendengar suara, memahami, mengamati, dan menyimpulkan apa yang didengar dari audio tersebut.

5 Pembelajaran Yang Efektif Untuk Siswa

3. Media Visual Video

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa dengan menyaksikan atau melihat secara visual dan mendengarkan suara, peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Media ini juga dapat meningkatkan minat dan keinginan peserta didik sebab daya paham semakin meningkat.

Media visual video ini juga dapat menjelaskan hubungan antara dunia nyata dengan isi materi secara lebih jelas. Selain itu, proses belajar-mengajar akan berlangsung dengan seru dan tidak monoton atau membosankan.

4. Media Visual Gambar

Bisa dibilang, media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif untuk diterapkan saat proses belajar-mengajar. Agar proses belajar tidak membosankan, maka pengajar dapat memanfaatkan gambar-gambar yang mendukung penyampaian materi.

Media pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan gambaran materi yang ingin disampaikan kepada peserta didik. Dengan begitu, peserta didik akan lebih paham dan mengerti akan materi yang disampaikan tersebut.

5. Media Serbaneka

Bagi yang belum tahu, media serbaneka merupakan media yang dibuat berdasarkan potensi yang ada pada tempat tertentu. Tempat ini bisa meliputi sekolah, perkampungan desa, atau tempat mana saja yang bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran yang efektif.

Adapun contoh media serbaneka antara lain media tiga dimensi, papan, realita, dan sumber pembelajaran apapun yang bisa diperoleh dari sisi sosial masyarakat. Dengan begitu, proses pembelajaran akan terasa lebih menarik dan menarik minat peserta didik untuk menyimak pembelajaran.

Tips Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik dan Efektif

Selain memperhatikan sisi media pembelajaran yang efektif, seorang pengajar juga dituntut agar dapat menciptakan pembelajaran yang efektif. Dengan begitu, peserta didik dapat lebih tertarik dan dengan antusias terhadap proses pembelajaran. Berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa dicoba agar pembelajaran menjadi lebih efektif.

1. Kemas Materi Pelajaran dengan Lebih Menarik

Mengemas materi pelajaran tidak hanya dilakukan dengan menjelaskannya dari buku saja.  Hal tersebut juga dapat dilakukan melalui media yang lebih menarik seperti gambar atau video representasi.

Dengan cara ini, peserta didik tidak akan cepat merasa bosan pada materi yang disampaikan. Selain itu, peserta didik juga akan lebih paham dan ingat betul materi yang diajarkan melalui visual gambar atau video.

2. Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Apabila peserta didik sudah terlihat mulai merasa bosan dengan metode pembelajaran yang itu-itu saja, maka ada baiknya untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memilih contoh media pembelajaran yang efektif namun juga menarik disaat yang bersamaan.

Pengajar dapat menentukan media pembelajaran yang dirasa cocok dan bisa membuat peserta didik menjadi lebih semangat dan antusias. Dalam hal ini, seorang pengajar membutuhkan ilmu psikologi belajar untuk melakukan analisis hasil evaluasi pembelajaran.

3. Ciptakan Suasana Belajar Menjadi Nyaman dan Menyenangkan

Agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif, seorang pengajar harus mampu menciptakan suasana yang nyaman sekaligus menyenangkan. Disini, pengajar dapat menggunakan berbagai contoh media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi peserta didik.

Guru Wajib Tahu! Ini 5 Media Pembelajaran Yang Efektif Untuk Peserta Didik

Agar tidak monoton dan membosankan, proses pembelajaran dapat dilakukan di luar ruang kelas, mendengarkan musik, atau menceritakan kisah yang berhubungan dengan penyampaian materi. Dengan cara ini, peserta didik dapat menjadi lebih nyaman dan antusias dengan pelajaran yang disampaikan pengajar.

Itulah pembahasan lengkap mulai dari media pembelajaran yang efektif hingga tips menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif. Informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi terutama bagi pengajar agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik minat dan antusias peserta didik.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x