Mengenal Kurikulum Merdeka Terbaru

waktu baca 4 menit
Sabtu, 7 Jan 2023 09:32 0 312 administrator

Mengenal Kurikulum Merdeka Terbaru, Mendengar kata “Kurikulum Merdeka Belajar” mungkin terdengar cukup asing dan membuat banyak orang bertanya-tanya. Pasalnya, kurikulum satu ini baru saja dicetuskan oleh pemerintah dan mulai berlaku untuk tahun ajaran 2022/2023 dalam rangka pemulihan pembelajaran 2022-2024.

Mengenal Kurikulum Merdeka Terbaru

Kurikulum Merdeka sendiri adalah kurikulum dengan konsep pembelajaran intrakurikuler yang beragam dan lebih optimal. Ingin tahu bagaimana informasi lengkap mengenai kurikulum terbaru tersebut? Simak ulasan lengkap berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Pengertian Kurikulum Merdeka Belajar

Berdasarkan Buku Saku Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana peserta didik mempunyai waktu cukup untuk mengembangkan kompetensi. Pengajar mempunyai keleluasaan untuk memilih berbagai alat ajar sehingga dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan belajar peserta didik.

Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Kurikulum Terbaru 2022/2023

Sedangkan menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang proses pembelajarannya mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Dengan kata lain, peserta didik dapat memilih pelajaran apa saja yang sesuai dengan minat atau bakat yang dimiliki.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lahir hasil dari fenomena pandemi covid-19 yang membuat proses belajar-mengajar mengalami banyak kendala. Kurikulum ini dikeluarkan pemerintah sebagai upaya untuk menyempurnakan kurikulum yang sudah ada sebelumnya, yakni Kurikulum 2013.

Tujuan Kurikulum Merdeka Belajar

Pemerintah meluncurkan kurikulum terbaru dengan tujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Sebelum penerapan kurikulum ini, sebenarnya pemerintah telah mempersiapkan berbagai sarana penunjang khusus untuk infrastruktur pendidikan terutama bidang informasi dan teknologi terbarukan.

Revolusi pendidikan dengan menerapkan Kurikulum Merdeka ini dilakukan di seluruh jenjang pendidikan secara menyeluruh. Hal ini tentunya dilakukan dengan tujuan agar pendidikan di Indonesia dapat berkembang dengan baik dan membentuk generasi bangsa yang terampil dan aktif sedini mungkin.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Belajar

Gagasan kurikulum terbaru dari pemerintah tentunya dibarengi dengan berbagai keunggulan yang dapat membuat mutu pendidikan di Indonesia semakin membaik. Adapun keunggulan dari Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

  • Materi yang diajarkan dan dipelajari menjadi lebih simpel, mendalam, dan berfokus pada materi yang esensial saja sehingga tidak diburu-buru waktu.
  • Pengajar menjadi lebih bebas karena dapat mengajar sesuai dengan tahap pencapaian dan perkembangan peserta didik.
  • Institusi pendidikan atau sekolah berhak dan berwenang untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik.
  • Proses pembelajaran yang lebih relevan dan interaktif akan memberikan kesempatan keypad peserta didik agar lebih aktif dan mampu mengeksplorasi isu-isu aktual.

Konsep Kurikulum Merdeka Belajar

Mengenal Kurikulum Merdeka Terbaru

Kurikulum Merdeka tidak serta merta dicetuskan secara asal-asalan dan sembarangan. Terdapat sejumlah konsep khusus yang mampu menjadikan pendidikan lebih maju dan progresif dari sebelumnya. Berikut ini adalah penjelasan dari konsep Kurikulum Merdeka.

1. Asesmen Kompetensi Minimum

Dengan adanya Kurikulum Merdeka ini, setiap peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan literasi dan numerik yang dimiliki. Hal ini tentunya dilakukan dengan basis penilaian yang diobservasi dari kemampuan melakukan analisis dan berpikir kritis melalui kemampuan analisa kognitif setiap peserta didik.

2. Survey Karakter Peserta Didik

Konsep kedua yang ada pada Kurikulum Merdeka adalah survey karakter peserta didik. Proses penilaian yang dilakukan pihak pemerintah ini tidak hanya berdasarkan pada tingkat kualitas pendidikan di masing-masing sekolah saja. Penilaian ini juga berbasis pada infrastruktur pendidikan dan ekosistem pendidikan pada setiap institusi sekolah.

3. Penilaian Hasil Belajar

Seperti yang sudah diketahui bahwa penilaian hasil belajar peserta didik biasanya berdasarkan pada hasil ujian nasional saja. Hal tersebut mungkin tidak akan berlaku lagi untuk Kurikulum Merdeka karena tidak hanya hasil ujian nasional saja, namun penilaian hasil belajar peserta didik juga diakumulasikan dengan hasil portofolio dan penugasan.

4. Mutu Pendidikan Yang Merata

Konsep terakhir yang ada pada Kurikulum Merdeka adalah konsep mutu pendidikan yang merata. Kurikulum Merdeka mempunyai konsep yang memprioritaskan keadilan dalam pemerataan mutu pendidikan secara menyeluruh. Hal tersebut tentunya bisa diwujudkan melalui kebijakan afirmasi maupun pelimpahan kuota secara khusus bagi peserta didik.

Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Mengenal Kurikulum Merdeka Terbaru

Pihak pemerintah telah menyiapkan 3 jalur untuk membantu tahap kesiapan satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Ketiga jalur tersebut telah disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing satuan pendidikan. Berikut adalah ketiga jalur yang bisa dipilih.

  • Mandiri Belajar. Jalur ini memberikan kebebasan pada satuan pendidikan untuk menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 yang disederhanakan.
  • Mandiri Berubah. Satuan pendidikan dibebaskan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dengan tetap menggunakan perangkat ajar yang telah disediakan.
  • Mandiri Berbagi. Satuan pendidikan diperbolehkan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dibarengi dengan pengembangan mandiri berbagai perangkat ajar yang telah digunakan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Kurikulum Merdeka Belajar yang bisa dibilang cukup aplikatif untuk diterapkan di satuan pendidikan. Adanya kurikulum ini akan membuat peserta didik menjadi lebih aktif, terampil, berbakat, serta tanggap dalam menghadapi perkembangan zaman.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x