Begini Sistem Belajar Yang Efektif dan Efisien

waktu baca 4 menit
Senin, 23 Jan 2023 10:42 0 184 administrator

Begini Sistem Belajar Yang Efektif dan Efisien, Belajar tentunya sudah menjadi suatu kewajiban bagi semua orang khususnya pelajar dan mahasiswa. Semua orang mampu melakukan aktivitas belajar namun tidak seluruhnya dapat menyerap hasil belajar tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan yang namanya sistem belajar yang efektif dan efisien.

Begini Sistem Belajar Yang Efektif dan Efisien

Dengan menerapkan sistem belajar ini, otak akan memahami dan menyerap hasil belajar secara lebih optimal. Lantas apa saja sistem belajar yang terbukti efektif tersebut? Berikut adalah informasi lengkapnya.

1. Pengulangan Berkala

Intensitas belajar yang lebih rutin dan terjadwal mampu memaksimalkan proses belajar. Tak perlu menghabiskan waktu yang lama, cukup belajar sebentar saja namun sering dilakukan secara berkala. Para ahli berpendapat bahwa titik temu antara terminal satu neuron dengan neuron lainnya mampu membuat manusia mengingat dan memahami banyak hal.

Hal tersebut membuktikan bahwa seseorang dapat menjadi lebih produktif jika belajar secara rutin dan berkala serta tidak lupa meluangkan waktu istirahat diantaranya. Untuk membuktikannya, cobalah belajar selama 15 menit setiap hari dalam waktu satu minggu lalu lihat kemajuannya.

2. Gunakan Teknik Pomodoro

Untuk menggunakan teknik ini diperlukan pengaturan timer selama 25 menit sebagai pengingat durasi waktu belajar. Setelah timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit sebagai waktu istirahat agar pikiran menjadi lebih segar dan rileks kembali.

Setelah 5 menit beristirahat, maka atur kembali timer selama 25 menit dan mulai belajar lagi. Cobalah untuk melakukan metode tersebut secara konsisten dan berkala agar hasil belajar semakin memuaskan.

3. Buat Ringkasan

Sistem belajar yang efektif berikutnya adalah dengan membuat ringkasan dari hasil belajar yang telah dilakukan. Rangkuman ini bisa dibuat dengan cara menuliskan pokok-pokok penting dari buku layaknya sebuah rumus. Dengan cara ini, inti dari materi tersebut menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Begini Sistem Belajar Yang Efektif dan Efisien

Membuat rangkuman sama saja dengan mengulang materi yang telah didapatkan sehingga dapat mengingat kembali secara lebih efektif. Ketika membuat rangkuman, ada baiknya untuk menuliskannya dengan kalimat sendiri. Dengan begitu, materi yang ada dalam rangkuman tersebut menjadi lebih mudah untuk dipahami dan diingat.

4. Selesaikan Hal Yang Sulit Terlebih Dahulu

Sistem belajar yang efektif berikutnya adalah dengan menyelesaikan terlebih dahulu pelajaran yang dirasa sulit untuk dipahami atau dikerjakan.  Dengan menyelesaikan hal-hal yang lebih sulit ini, maka perasaan akan menjadi lebih lega serta percaya diri untuk menyelesaikan hal berikutnya yang lebih mudah.

Selain itu, mengerjakan tugas paling susah terlebih dahulu akan membuat perasaan menjadi lebih puas jika sudah berhasil menyelesaikannya. Dengan begitu, mood untuk belajar menjadi terbangun kembali dengan baik serta tidak cepat jenuh atau bahkan mengantuk.

5. Jadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi agar tetap bisa bertahan hidup. Jika belajar dianggap sebagai sebuah kebutuhan, maka ketika melakukannya dapat dijalani dengan lebih semangat dan bersungguh-sungguh.

Aktivitas belajar tidak lagi dilakukan hanya saat berada di kondisi tertekan karena sebuah tuntutan. Belajar dapat dilakukan kapan saja dengan hati yang senang dan semangat yang berapi-api. Dengan demikian, seluruh materi yang telah dipelajari akan jauh lebih mudah untuk dipahami dan diingat.

6. Buat Latihan Ujian

Sistem belajar yang efektif berikutnya adalah dengan cara membuat latihan ujian sendiri. Cara ini dapat dilakukan dengan menjawab soal-soal yang telah dibuat sendiri sebelum menghadapi tes atau ujian yang sesungguhnya. Hal tersebut dapat melatih kesiapan mental sebelum nantinya dihadapkan langsung dengan soal ujian sebenarnya.

Sesudah menyelesaikan latihan ujian mandiri tersebut, jangan lupa untuk memeriksa jawabannya. Pengecekan ini bertujuan agar dapat mengetahui mana saja soal yang harus diperbaiki serta mana saja jawaban yang benar.

7. Bersikap Kritis

Jika sudah memahami materi yang telah dipelajari, maka cobalah untuk melatih otak dengan cara berpikir lebih kritis terhadap seluruh materi tersebut. Cobalah untuk mencari tahu dan melakukan analisis akan kebenaran yang ada dalamnya.

Dengan cara ini, seluruh materi yang telah dipelajari menjadi lebih mudah untuk dipahami dan diingat. Mengulik informasi lebih lanjut mengenai materi pembelajaran juga dapat membuat perolehan perspektif menjadi lebih luas.

8. Berdiskusi

Aktivitas belajar memang kerap kali dilakukan hanya seorang diri. Namun, sebagian orang justru lebih suka dengan gaya belajar yang melibatkan banyak orang, contohnya adalah diskusi. Cara ini dianggap lebih efektif karena dapat mempelajari materi secara bersama-sama sehingga lebih mudah untuk diingat.

Diskusi belajar ini juga dapat membuat aktivitas belajar menjadi seru dan tidak lagi membosankan karena dilakukan bersama teman-teman. Melalui proses diskusi tersebut, banyak hal yang mungkin saja tidak bisa didapatkan ketika belajar sendiri.

Demikian ulasan singkat mengenai sistem belajar yang efektif untuk dilakukan agar dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Seluruh sistem belajar di atas terbukti efektif dan efisien asal dibarengi dengan ketekunan dan pandai mengatur waktu.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x