Penerapan Pendidikan Anak PAUD Yang Tepat

waktu baca 4 menit
Kamis, 26 Jan 2023 08:31 0 223 administrator

Penerapan Pendidikan Anak PAUD Yang Tepat,Bagi orang yang menganut Agama Islam, tentu mengajarkan anak sejak usia dini akan nilai-nilai Islam sangatlah penting. Mengajarkan anak mengenai pendidikan Agama akan mempengaruhi karakter dan cara berpikir anak. Disini terdapat peran orang dewasa untuk mengarahkan dan mengajarkan kepada anak mengenai akhlak yang baik di dalam Islam.

Pendidikan mengenai spiritual ini dapat diterapkan dengan ragam cara ataupun metode yang memudahkan anak untuk memaknainya. Hal tersebut dapat di mulai dari rumah, kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan yang sesuai dengan ajaran Islam. Kemudian orang dewasa dapat menjelaskan mengenai kebiasaan yang dilakukan tersebut.

Penerapan Pendidikan Anak PAUD Yang Tepat

Dengan begitu, Nantinya anak dapat Belajar dan menerapkan dalam kehiduoan mereka. Misalnya saja tentang sholat, menghormati dan mendoakan orang tua, menyayangi saudarnya dan lainnya. Lantas bagaimana metode lain dan apa saja pendidikan islam anak usia dini? Mari simak yang berikut.

Metode Pembelajaran Pendidikan Islam Anak

Pada dasarnya dunianya Anak adalah tentang bermain. Namun, saat usia dini sebaiknya tidak hanya bermain saja melainkan disisipkan dengan pembelajaran mengenai akhlak, nilai dan moral. Hal tersebut berguna untuk keseharian dalam menyikapi setiap hal. Nah, berikut beberapa metode pembelajaran dalam pendidikan islam anak usia dini yang bisa diterapkan.

1.    Metode Karyawisata

Saat anak usia dini ialah dimana mereka menyukai hal-hal baru. Salah satu metode pembelajaran pendidikan Agama islam yakni Dengan metode Karyawisata. Anak akan diajak Untuk meninjau temoat tertentu. Tidak hanya sekedar temoat rekreasi saja melainkan tempat yang memiliki kaitannya dengan pendidikan islam.

Penerapan Pendidikan Anak PAUD Yang Tepat

2.    Metode Bercerita

Berikutnya adalah metode cerita yang dapat diterapkan dalam mengajarkan Pendidikan islam pada anak. Disini, orang dewasa baik orang tua ataupun guru dapat menceritakan kisah tentang islam. Seperti yang diketahui ada banyak kisah dalam islam yang di dalamnya memiliki makna dan nilai-nilai islam.

3.    Metode Demonstrasi

Untuk menyampaikan suatu hal mengenai Adapun kepada anak, tentu Dengan cara yang baik. Dilakukan dengan beberapa media supaya bisa paham dengan baik apa yang disampaikan. Dalam metode Demonstrasi dilakukan agar anak lebih mudah paham mengenai makna dan nilai apa saja yang bisa diterapkan dalam keseharian.

Pendidikan Agama Islam Pada Usia Dini

Diketahui sebelumnya bahwa pendidikan spiritual yang diajarkam kepada anak di usia dini akan berpengaruh kepadanya di masa depan. Pengajaran pendidikan Agama islam sebenarnya tidak hanya di mulai saat disekolah. Melainkan hal tersebut dilakukan sejak di lingkungan rumah.

Lingkungan rumah dapat memberikan contoh yang baik untuk diterapkan dan buang hal negatif. Sebab anak usia dini mampu menyerap dengan cepat apa-apa yang mereka lihat dan dengar. Pendidikan anak bisa bersumber dari Alquran, yakni berikut:

1.    Pendidikan Akidah

Dalam kehidupan anak, tentu pendidikan dasar-dasar  Akidah senatiasa ditanamkan terus menerus. Hal ini agar setiap pertumbuhan serta perkembangan anak diselimuti dengan Akidah yang benar. Dimana, Hal tersebut bisa dilakukan dengan membiasakan anak untuk melafalkan kata-kata mengagungkan Alloh.

Kata tersebut yakni tasbih, sholawat, istighfar, serta doa-doa pendek. Jangan lupa juga untuk mengajari anak mengulang kata-kata pendek seperti hamdalah, tahmid, asma Alloh, dan tasbih. Dengan begitu, anak akan senatiasa mengingat Alloh dan akan dapat mengontrol emosi yang ada di dalam dirinya.

2.    Pendidikan Ibadah

Bagi seorang Muslim tentu ibadah adalah hal yang Penting, salah satunya yakni menjalankan sholat, sebagai ibadah wajib. Sebaiknya, ajarkan anak sedini mungkin perihal ibadah ini. Supaya dapat menumbuhkan insan yang benar takwa yang mana memenuhi kewajiban serta menjuhi larangan-Nya.

Dalam mengajarkan anak untuk beribadah seperti sholat, juga telah dianjurkan baik oleh Rasulloh, ulama. Selain itu, ajarkan dan terapkan ibadah-ibadah lainnya yang diajarkam seperti bersedekah, sunnah, dan lainnya.

3.    Pendidikan Akhlak

Untuk dapat memperkokoh Akidah islamiah pada anak, mana pendidikan akhlak sangatlah penting. Disamping itu Pengajaran pendidikan akhlak akan erat kaitannya dengan perilaku kehiduoan sehari-hari. Tentunya, akhlak yang baik akan sangat Penting dari pada berilmu namun sedikit akhlak.

Dengan begitu, penting ajarkan anak mengenai akhlak ketika dini. Dalam memberikan pendidikan akhlak yang tepat mana bisa dengan keteladanan yang baik. Mulailah dari hal kecil seperti membiasakan makan bersama, membersihkan Jangan sebelumnya, serta sesuai makan, berdoa sebelum serta sesuai makan dan lainnya.

Bagaimana Penerapan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan Tepat

Selain itu, ketika anak bersosial bersama temannya, maupun yang lebih tua darinya. Menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik sesuai adab, diharapkan anak akan terbiasa dan mempraktekkannya dengan baik. Sebagai orang dewasa perlu mencontohkan hal baik.

Demikian beberapa informasi pendidikan islam pada anak usia dini yang perlu diterapkan. Terdapat beberapa metode yang bisa diterapkan untuk memberikan edukasi. Namun, tentunya hal tersebut dapat di mulai dari yang kecil ketika di rumah. Orang tua bisa ajarkan anak untuk akhlak yang baik, ibadah wajib, dan lainnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x